Minggu, 14 Juli 2013

Taraweh Malam ke-5

Assalamualaikum Wr.Wb.

Seperti biasa admin selalu membawakan tentang ceramah taraweh kemarin malam, selamat membaca dan semoga nga jenuh hehe
Dalam hidup ini kita harus mempunyai 3 kegelisahan yaitu :

1. Kegelisahan apakah ibadahku selama ini diterima oleh Allah SWT
2. Kegelisahan apakah dosaku banyak atau sedikit
3. Kegelisahan apakah puasaku diterima Allah SWT

Perbanyaklah taubat di Bulan Ramadhan ini karena khusus dibulan ini semua pintu di langit terbuka lebar, maka sehendaknya kita tiada hentinya berdoa atau bertaubat kepada Allah SWT setiap hari. Taubat bukan hanya saja di ucapkan tetapi ditetapkan dihati dan dilaksanakan melalui tindakan kita. Hendaknya kita taubat karena Allah SWT dan Rasul-Nya.

Ada 4 tipe manusia yang dirindukan oleh Surga :

1. Orang-orang yang suka membaca Al-Qur'an
Hiasilah rumah-rumah kita dengan banyak-banyak membaca Al-Qur'an. Allah mengatakan "Aku yang menurunkan Al-Qur'an maka aku pula yang akan menjaga Al-Qur'an. Jika seandainya Al-Qur'an dibakar habis Aku masih bisa menjaganya dengan orang-orang yang menghapalkan Al-Qur'an dan tidak ada satu hurufpun yang akan terlepas.
Ada salah satu Ulama mengatakan, Kita bagaikan kulit bagian Al-Qur'an, jadi jika apabila Allah mengangkat Al-Qur'an itu maka secara otomatis kulitnya pun terangkat, itulah perumpamaan bagi orang-orang yang menghapal Al-Qur'an.

2. Orang-orang yang menjaga mulutnya ketika berpuasa
Diamnya seorang muslim dibulan Ramadhan pun mendapatkan pahala, Allah sangatlah menyukai orang-orang yang diam, karena dengan diam kita bisa terhindar dari kata-kata yang tidak seharusnya dikatakan.

3. Memberi makan orang-orang yang berpuasa
Pada saat akhir bulan Sya'ban, Rasulullah berceramah "Wahai sahabatku, apabila kita memberi makan orang-orang yang berpuasa maka pahalanya sama dengan pahala orang yang berpuasa tersebut" Kemudian salah seorang sahabat bertanya "Wahai Rasulullah, bagaimana kah aku memberi makan atau menyedahkan hartaku bahkan aku seorang yang miskin?" Rasulullah menjawab "Tenanglah sahabatku, segelas air minum yang kita berikan kepada orang yang berpuasa itu juga dinamakan sedekah" Subhanallah

4. Berpuasa di Bulan Ramadhan
Tentu saja dengan berpuasa dibulan Ramadhan kita mendapatkan kemuliaan yang begitu besar disisi Allah SWT. Karena Allah SWT Berfirman :




يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa. (QS. Al-Baqarah : 183)

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Krena itu, barang siapa diantara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah…" (QS. Al-Baqarah : 185)

Adapun dalil dari sabda Rasulullah SAW :

بني الإسلام على خمس شهادة أن لا إله إلا الله وأن محمدا رسول الله وإقام الصلاة وإيتاء الزكاة والحج وصوم رمضان

Islam dibangun di atas lima perkara : bersaksi bahwa tiada tuhan kecuali Allah dan Muhammad utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, haji, dan puasa Ramadhan (HR. Bukhari Muslim)


Sampai sini dulu tulisan singkat dan semoga bermanfaat bagi kita semua
selamat melaksanakan ibadah puasa, semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amin Yaa Rabbal Alamin

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar